“BRIN dan Komisi VII DPR RI Kolaborasi Gelar Pelatihan Pengolahan Ikan untuk Masyarakat Purworejo” – Warta Nahdliyyin

Menu

Mode Gelap
PR IPNU IPPNU Kaliwungu Gelar Makesta dan Pembentukan Pengurus Anggota Tertinpa Musibah Kebakaran, MWCNU Bagelen Galang Solidaritas Mahasiswa HMPS Prodi PAI Stainu Purworejo Gelar Musma PR GP Ansor Bedono Pageron Kecamatan Kemiri Resmi Dilantik Bayan Bersholawat, Sekaligus Santunan Anak Yatim

Berita · 3 Agu 2023 20:52 WIB ·

“BRIN dan Komisi VII DPR RI Kolaborasi Gelar Pelatihan Pengolahan Ikan untuk Masyarakat Purworejo”


					“BRIN dan Komisi VII DPR RI Kolaborasi Gelar Pelatihan Pengolahan Ikan untuk Masyarakat Purworejo” Perbesar

Purworejo, nupurworejo.c0m – Pusat Riset Agroindustri Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) bekerja sama dengan Komisi VII DPR RI telah menyelenggarakan kegiatan pelatihan teknologi pengolahan ikan di aula pertemuan Al Faham Baledono, Purworejo, Jawa Tengah, pada Kamis (3/8/2023).

Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk mengenalkan dan mengajarkan kepada masyarakat tentang teknologi pengolahan ikan agar dapat menciptakan produk olahan ikan bernilai tinggi. Indonesia memiliki potensi sumber daya perikanan yang kaya karena memiliki area perairan yang luas, dan ikan sendiri mengandung nilai gizi dan protein bermutu tinggi, lemak istimewa, omega-3, vitamin, serta mineral.

Lebih dari 200 orang peserta dari kalangan warga Nahdliyin (NU) dan masyarakat umum di Kabupaten Purworejo turut ambil bagian dalam pelatihan ini. Acara ini tidak hanya menyampaikan teori, tetapi juga mengajak para peserta untuk berpraktek langsung dalam pembuatan teknologi pengolahan ikan. Salah satu olahan yang dipelajari adalah cara membuat nuget ikan yang baik dan sehat dari bahan utama ikan.

Baca juga:  Semarakan Harlah Fatayat NU ke 71, PC Fatayat NU Purworejo Gelar Lomba Paduan Suara

Kepala Pusat Ristek Teknologi dan Proses Pangan BRIN, Satrio Krido Wahono, menyatakan bahwa pelatihan ini merupakan bagian dari skema BRIN dalam membawa teknologi ke masyarakat dengan hasil riset yang dapat bermanfaat bagi diversifikasi usaha dan peningkatan kesejahteraan masyarakat. Dengan inovasi dan invensi yang dihasilkan, BRIN hadir untuk membangkitkan usaha dan berkontribusi pada pembangunan serta meningkatkan pendapatan masyarakat.

Anggota Komisi VII DPR RI, H Abdul Kadir Karding, juga menyambut baik kegiatan ini sebagai bentuk pemberdayaan masyarakat dengan memberikan keterampilan yang bermanfaat, terutama di tengah kondisi ekonomi yang menantang seperti saat itu. Komisi tersebut berencana untuk memberikan lebih banyak pelatihan lainnya, termasuk tentang pengemasan produk dan pemasaran online, agar masyarakat dapat lebih mandiri dalam menciptakan produk inovatif dan memperkuat ekonomi keluarga mereka.

Baca juga:  PK IPNU IPPNU SMP Ma'arif NU Tlogobulu Gelar LDK dan Pelantikan

Karding berharap program pelatihan ini akan memberikan manfaat yang nyata bagi warga masyarakat, dengan memberikan peningkatan pengetahuan dan keterampilan yang efektif untuk mendukung kehidupan sehari-hari dan memenuhi kebutuhan ekonomi mereka.

Artikel ini telah dibaca 14 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Ribuan Kyai dan Santri Ndeso Purworejo Padati Mujahadah dan Doa Bersama untuk Dukung Ganjar-Mahfud

28 November 2023 - 18:47 WIB

Puncak Peringatan HSN 2023 MWC NU Purworejo Sukses Digelar

16 November 2023 - 19:38 WIB

KPU Purworejo Gelar Nobar Film “Kejarlah Janji” di Ponpes Ma’unah, Dorong Partisipasi Pemilih Santri

23 Oktober 2023 - 14:34 WIB

155 Jamaah Umroh Bimbingan KHR. Dawud Masykuri di berangkatkan

20 September 2023 - 19:42 WIB

PAC GP Ansor Bayan Kembali Sukses Selenggarakan Turnamen Futsal Ansor Cup 2023

18 September 2023 - 21:37 WIB

Lembaga Perekonomian Nahdlatul Ulama MWCNU Kecamatan Bener kembali Berangkatkan Jamaah Umrah

26 Agustus 2023 - 07:05 WIB

Trending di Berita