Mahasiswa KKN STAI An-Nawawi Ciptakan Sampah Plastik Diolah Menjadi Paving Block – Warta Nahdliyyin

Menu

Mode Gelap
PR IPNU IPPNU Kaliwungu Gelar Makesta dan Pembentukan Pengurus Anggota Tertinpa Musibah Kebakaran, MWCNU Bagelen Galang Solidaritas Mahasiswa HMPS Prodi PAI Stainu Purworejo Gelar Musma PR GP Ansor Bedono Pageron Kecamatan Kemiri Resmi Dilantik Bayan Bersholawat, Sekaligus Santunan Anak Yatim

Berita · 26 Agu 2021 15:40 WIB ·

Mahasiswa KKN STAI An-Nawawi Ciptakan Sampah Plastik Diolah Menjadi Paving Block


					Mahasiswa KKN STAI An-Nawawi Ciptakan Sampah Plastik Diolah Menjadi Paving Block Perbesar

PURWOREJO, nupurworejo.com – Terbilang cukup murah dan higienis mahasiswa KKN STAI An-Nawawi Berjan Purworejo bersama SMK Negeri 1 Purworejo menciptakan sisa sampah plastik anorganik Ponpes An-Nawawi diolah menjadi paving block.

Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Sekolah Tinggi Ilmu Agama (STAI) An-Nawawi Berjan Purworejo mengusung tema ‘problem solving masyarakat Pesantren terkait dengan pola hidup bersih di pesantren’.

Baca juga: STAI An-Nawawi Gelar Syukuran Dies Natalis XX Songsong Transformasi Kelembagaan Menjadi Institut

Masyarakat umumnya kalau melihat sampah itu benci dimana-mana ada sampah, bahkan sampah selalu dicampakkan menjadi masalah ditengah kehidupan bermasyarakat, namun sangat berbeda dengan apa yang kita temui bersama kali ini di SMK Negeri 1 Purworejo, bahwa sampah merupakan sesuatu yang dicari-cari bahkan dengan sampah bisa diangkat jadi sesuatu yang mendatangkan uang yang luar biasa banyaknya, jadi dengan bersama-sama sampah kedepan menjadi berkah,” jelas Dosen pembimbing KKN STAI An-Nawawi, H. Yazid Alanshori, MH., Rabu (25/8/2021).

Baca juga:  Pijar Ramadhan dan Anis Kusuma Ningsih Bakal Nahkodai PAC IPNU-IPPNU Kaligesing

Dikatakan, sebagaimana dilakukan oleh peserta KKN Sekolah Tinggi Ilmu Agama Islam (STAI) An-Nawawi Berjan Purworejo, mahasiswa KKN kali ini merancang pengolahan sampah Pesantren Pondok dibuat paving, diawali dengan pemilihan sampah organik dan anorganik. Sampah organik berupa dedaunan atau mungkin bisa sayur-mayur dari dapur bisa kita olah menjadi kompos kering maupun pupuk cair.

Sampah anorganik yang dimana-mana selalu kita buang. Paling-paling kalau kita ketemu dengan plastik hanya akan dibakar mubadzir tidak ada gunanya, sampah plastik pondok pesantren diolah menjadi paving block,” tambah Yazid

Dijelaskan, peserta KKN mengolah sampah paving segi empat, segi enam dan paving ini jauh lebih kuat dari pada paving yang dibuat dari pasir yang dicampur semen, testimoninya bahkan sudah dipukul, dibanting sama sekali tidak retak apa lagi pecah.

Baca juga:  Pengurus Ranting NU Kaliwungu Resmi Dilantik, Ini Harapan Ketua PCNU Purworejo

Inovasi dari SMK Negeri 1 Purworejo bisa kita kembangkan bersama-sama, bagaimana mengolah sampah yang tidak ada gunanya menjadi bermanfaat dan maslahat,” pungkas Yazid.

Kontributor: Miftahur Rahman
Editor: MH/RA/AR/LH

Artikel ini telah dibaca 88 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Ribuan Kyai dan Santri Ndeso Purworejo Padati Mujahadah dan Doa Bersama untuk Dukung Ganjar-Mahfud

28 November 2023 - 18:47 WIB

Puncak Peringatan HSN 2023 MWC NU Purworejo Sukses Digelar

16 November 2023 - 19:38 WIB

KPU Purworejo Gelar Nobar Film “Kejarlah Janji” di Ponpes Ma’unah, Dorong Partisipasi Pemilih Santri

23 Oktober 2023 - 14:34 WIB

155 Jamaah Umroh Bimbingan KHR. Dawud Masykuri di berangkatkan

20 September 2023 - 19:42 WIB

PAC GP Ansor Bayan Kembali Sukses Selenggarakan Turnamen Futsal Ansor Cup 2023

18 September 2023 - 21:37 WIB

Lembaga Perekonomian Nahdlatul Ulama MWCNU Kecamatan Bener kembali Berangkatkan Jamaah Umrah

26 Agustus 2023 - 07:05 WIB

Trending di Berita