RMI NU PURWOREJO ADAKAN BASHUL MASAIL, KETUA RMI NU : MELATIH MENTAL SANTRI DENGAN DASAR ILMIYAH – Warta Nahdliyyin

Menu

Mode Gelap
PR IPNU IPPNU Kaliwungu Gelar Makesta dan Pembentukan Pengurus Anggota Tertinpa Musibah Kebakaran, MWCNU Bagelen Galang Solidaritas Mahasiswa HMPS Prodi PAI Stainu Purworejo Gelar Musma PR GP Ansor Bedono Pageron Kecamatan Kemiri Resmi Dilantik Bayan Bersholawat, Sekaligus Santunan Anak Yatim

Berita · 18 Mar 2021 01:12 WIB ·

RMI NU PURWOREJO ADAKAN BASHUL MASAIL, KETUA RMI NU : MELATIH MENTAL SANTRI DENGAN DASAR ILMIYAH


					RMI NU PURWOREJO ADAKAN BASHUL MASAIL, KETUA RMI NU : MELATIH MENTAL SANTRI DENGAN DASAR ILMIYAH Perbesar

Loano, (nupurworejo.com) – RMI NU Kabupaten Purworejo mengadakan Bahtsul masail yang diikuti Pondok Pesantren se – Kabupaten Purworejo. Kegiatan yang di laksanakan pada Pondok Pesantren Al-Wahid induk Nurul Qur’an Desa Solotiang, Kecamatan Loano, Puroworejo, pada Rabu malam (17/3/2021).

BACA JUGA :

PENGUKUHAN DAN MUSYAWARAH ANGGOTA RADIO KOMUNIKASI AHLUSSUNAH WAL JAMAAH “RASWAJA” PCNU KABUPATEN PURWOREJO

Gus Hakim: Hilangkan Dikotomi Struktural – Kultural

Acar berlangsung di kediaman Induk Pondok Pesantren asuhan KH. A Mutamaqin Al-Hafid yang diikuti Gus-gus dan Santri-santri se-Kabupaten Puroworejo, yang dihadiri langsung oleh Hadir Sebagai Musoheh, Habib Faqih Muqoddam Baabud (Presisen Ballgiez) dan Agus H. Ahmad Qosim Kedungsari.

Ketua RMI NU Kabupaten Purworejo H. Amir Qilal menuturkan, ” Basthul Masail merupakan agenda rutinan yang dilaksanakan, sudah ke dua kalinya di periode kepengurusan kami. Agenda di Bulan Maulid Nabi SAW dan bulan Sa’ban. Kalau menurut istilah Pesantren paruh dan akhir musim,” katanya pada Rabu malam (17/3/2021).

Baca juga:  Gandeng Polres Purworejo, Ponpes Al-Iman Bulus Gelar Vaksinasi Massal Tahap Pertama

Dijelaskan, kegiatan Bashul Masail RMI NU untuk melatih Santri-santri yang ilmiyah, nantinya ketika pulang di masyarakat bisa bermanfaat.

” Bashul Masail RMI NU lebih cenderung buat santri agar lebih semangat, makanya soalnya yang dibahas ada Nahwunya, Fiqih. Jadi melatih agar kuwalitas santri di Puroworejo harapanya nanti pulang kemasyarakatan mengikuti kegiatan-kegiatan yang sistemnya ilmiyah, pada nantinya bisa mengikuti kegitan LBM di daerah masing-masing. Tentunya dengan ibarot yang An-nahdliyyin kitab yang menganut madzaibul arbaah,” tuturnya.

Dilantukan, Santri agar terbisa mengungkapan mengargumentnya dengan dasar yang sudah ada di kitab.

” Adu argument dengan didasari ilmiyah sesuai Madzhab Ahlussunnah wal jama An-nahdliyah,” pungkasnya.

Sementa itu KH. A Mutamaqin Al-hafid Pengasuh Pondok Nurul Qur’an memberi sambutan, ” Jadikanlah kegiatan ini sebagai wujud positif antar anggota, jangan mengganggap kegiatan seperti ini tidak ada faidahnya tetapi disinilah ternyata fadhilah nya yang justru banyak,” katanya.

Baca juga:  Bupati Akui Pondok Pesantren Adalah Benteng Penjaga Moral Generasi Bangsa

Selanjutnya, beliau memberi sambutan agar mempererat tali silaturahmi dengan kekeluargaan.

” Siapa tahu nanti lantaran mengikuti kegiatan ini, nantinya punya adek yang cantik, dan siapa tahu juga punya kakak yang cantik. Orang Bashul masail merupakan proses belajar, yang terpenting berani berbicara yang mendasar dan jelas, sebagai modal nantinya bermasyarakat,” ujarnya

Dijeaskan, sebagai nantinya hidup bermasyarakat kalau hanya berilmu belum cukup, masih ada yang di tempuh yaitu mental.

” Tetapi Ilmu yang sedikit dan punya mental yang kuat, Insyaallah bisa membaur bermasyarakat, kegiatan sangatlah penting bagi santri yang harus membangun sebangun dini. Karena tidak ada jamu tambah mental, suatu hari santri pulang disuruh dakwah nashul ilmi banyak yang membully sudah diangap biasa, orang yang benar walaupun dibully tidak berpengaruh, dengan ilmu dan mental kita,” pungkasnya.

Baca juga:  Muslimat NU Ranting Borowetan Dilantik

Sambutan PCNU yang diwakili oleh KH. Muhammad Haekal S,pd. menyampaikan, ” PCNU Purworejo salah satu lembaganya ada LBM ada RMI NU yang bisa menambah khasanah kegiatan-kegiatan yang sudah berjalan, seperti malam hari kali ini, “katanya.

“PCNU sangat bangga dengan kegiatan Bashul Masail RMI NU Kabupaten Purworejo, yang mana Lembaga RMI NU merupakan lembaga yang berkecimpung di Pondok Pesantren dunia keagamaan, sebagai ajang silaturahim dari putra-putra Kyai pengasuh pondok pesantren, NU adalah perjuangan dari Pondok Pesantren kemudian munculah Nahdlatul Ulama dan Negara Kesatuan Republik Indonesia, sebagai tujuan tercapainya cita-cita luhur NKRI, “pungkasnya.

Warta : Achmad Rohadi

Artikel ini telah dibaca 185 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Ribuan Kyai dan Santri Ndeso Purworejo Padati Mujahadah dan Doa Bersama untuk Dukung Ganjar-Mahfud

28 November 2023 - 18:47 WIB

Puncak Peringatan HSN 2023 MWC NU Purworejo Sukses Digelar

16 November 2023 - 19:38 WIB

KPU Purworejo Gelar Nobar Film “Kejarlah Janji” di Ponpes Ma’unah, Dorong Partisipasi Pemilih Santri

23 Oktober 2023 - 14:34 WIB

155 Jamaah Umroh Bimbingan KHR. Dawud Masykuri di berangkatkan

20 September 2023 - 19:42 WIB

PAC GP Ansor Bayan Kembali Sukses Selenggarakan Turnamen Futsal Ansor Cup 2023

18 September 2023 - 21:37 WIB

Lembaga Perekonomian Nahdlatul Ulama MWCNU Kecamatan Bener kembali Berangkatkan Jamaah Umrah

26 Agustus 2023 - 07:05 WIB

Trending di Berita