Sambut HSN 2021, LD PCNU Buka Pengajian Ahad Legi oleh KH Achmad Chalwani Nawawi – Warta Nahdliyyin

Menu

Mode Gelap
PR IPNU IPPNU Kaliwungu Gelar Makesta dan Pembentukan Pengurus Anggota Tertinpa Musibah Kebakaran, MWCNU Bagelen Galang Solidaritas Mahasiswa HMPS Prodi PAI Stainu Purworejo Gelar Musma PR GP Ansor Bedono Pageron Kecamatan Kemiri Resmi Dilantik Bayan Bersholawat, Sekaligus Santunan Anak Yatim

Berita · 23 Okt 2021 19:02 WIB ·

Sambut HSN 2021, LD PCNU Buka Pengajian Ahad Legi oleh KH Achmad Chalwani Nawawi


					Sambut HSN 2021, LD PCNU Buka Pengajian Ahad Legi oleh KH Achmad Chalwani Nawawi Perbesar

PURWOREJO, nupurworejo.com – Dalam rangka menyambut peringatan Hari Santri Nasional 2021, wakil Rais Syuriah PWNU Jawa Tengah KH. Chalwani Nawawi mengatakan bahwa saratnya mengajarkan ilmu agar dapat diterima adalah ikhlas serta harus siap dalam mengajarkan ilmu harus mutholaah dulu.

“Harus persiapan dulu, contoh cerita dulu ketika Dahulu saat Mbah Dimyati (seorang ulama besar) karena beliau sangat mementingkan mutholaah sebelum mengajar, saat beliau ada jadwal mengajar santrinya seketika ngaji diliburkan karena kebetulan beliau belum mutholaah terlbih dahulu sebelum mengajarkan kitab kepada santrinya. Maka dari itu makanya persiapan/ mutholaah sebelum mengajarkan ilmu itu sangat penting agar muridnya tidak menjadi korban” tutur KH Achmad Chalwani.

Baca juga:  RMI NU PURWOREJO ADAKAN BASHUL MASAIL, KETUA RMI NU : MELATIH MENTAL SANTRI DENGAN DASAR ILMIYAH

Hal itu disampaikan saat mengisi pengajian menyambut Hari Santri Nasional di acara Lembaga Dakwah PCNU Purworejo, Ahad Legi (17/10/2021) lalu, di Gedung Pertemuan PCNU Purworejo.

Baca juga: LDNU dan JRA PCNU Purworejo Gelar Rapat Koordinasi

Beliau setuju, bahwa Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) melakukan mujahadah Khizib Bukhari karena hal ini dikatakan dapat menanggulangi bencana.
Beliau menyampaikan, Nabi Muhammad pernah berkata bahwa ketika seseorang menyebutkan nama orang salih maka, belas kasih Allah Swt turun menyertainya.

“Seseorang yang menyebut nama orang salih maka Allah akan memberi belas kasih kepada orang tersebut dan kanjeng Nabi Muhammad adalah orang yang paling salih, jangan kan menyebut nama Nabi menyebutkan gelarnya saja Allah sudah turunkan belas kasihan, maka pada kesempatan maulid ini mari perbanyak membaca sholawal” jelasnya.

Baca juga:  "BRIN dan Komisi VII DPR RI Kolaborasi Gelar Pelatihan Pengolahan Ikan untuk Masyarakat Purworejo"

Pada kesempatan tersebut, KH.Chalwani juga menyampaikan bahwa sebagai Kyai harus bijaksana harus bisa melihat situasi dan kondisi serta melihat siapa yang ada disana.

“Islam itu sangatlah luas, ulama dan orang-orang yang ngalim dibutuhkan sedangkan yang bodoh ngaji sebisanya yang penting tetap mengaji” imbuhnya.

Ditambahkan, Islam itu rahmatal lil alamin, Kyainya pun harus mengatur dengan memperdulikan budaya masyarakat bukan dengan ilmunya sendiri, kata Syeh Abdul Qodir Jaelani jangan hadapi masyarakat dengan ilmu melainkan dengan welas asihmu.

“Kala itu Syeh Abdul Qodir Jaelani juga mendirikan pesantren yang santrinya dari berbagai kalangan bahkan ada yang selain islam, tetapi kemudian mereka masuk islam dan Ketika ditanya mengapa dia masuk islam jawab mereka, mereka masuk islam karena kesadaran dirinya sendiri,” jelasnya.

Baca juga:  BANSER KAWAL SOAL UJIAN MADRASAH DINIYAH, SAMPAI PELOSOK DESA DI BRUNO

Penulis: Risa
Editor: MH/RA/AR/LH

Artikel ini telah dibaca 91 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Gus Ahil Lantik Pimpinan Ranting Gerakan Pemuda Ansor Desa Banyuasin Separe

9 Juni 2024 - 19:55 WIB

Pengurus Ranting Muslimat NU Masa Khidmah 2024-2029 Desa Kepuh Resmi Dilantik

2 Juni 2024 - 18:55 WIB

MWCNU Purwodadi Resmikan Masjid Sunan Geseng

2 Juni 2024 - 17:40 WIB

RMI NU Purworejo Gelar Bahtsul Masail Antar Pondok Pesantren dan Peringati Harlah ke-70

1 Juni 2024 - 23:00 WIB

Seminar “Peran Perempuan dalam Keluarga dan Organisasi” oleh Fatayat NU Purworejo Sukses Digelar

1 Juni 2024 - 22:48 WIB

Fatayat NU Kutoarjo Meriahkan Harlah ke-74 dengan Senam Massal dan Pertunjukan Kesenian

28 Mei 2024 - 07:41 WIB

Trending di Berita